7 Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

 Dalam dunia kesehatan, manfaat rebusan daun sirsak sangat terkenal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung senyawa yang berperan untuk membunuh racun acetogenin dalam tubuh dengan cara menghalangi masuknya racun yang berasal dari berbagai makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia. Padahal, menurut penelitian, senyawa tersebut juga bisa mencegah kanker.




Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan 

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa daun sirsak memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat dari rebusan daun sirsak? Daripada penasaran, sebaiknya simak ulasan berikut ini:


Mencegah dan mengobati kanker

Manfaat rebusan daun sirsak adalah sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Bahkan kandungan acetogenin yang ada pada daun sirsak dipercaya mampu mengobati kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi.


Senyawa yang menghambat pertumbuhan sel kanker acetogenin mampu lebih kuat sekitar 10.000 kali lipat jika dibandingkan dengan adriamycin dalam pengobatan kemoterapi. Selain itu, menurut penelitian, acetogenin dapat menjaga tubuh sekaligus menyerang kanker dan tumor yang resisten terhadap pengobatan yang ada pada kemoterapi adriamisin.


Mengobati Asam Urat

Manfaat rebusan daun sirsak yaitu mengatasi penyakit asam urat. Seperti kita ketahui, asam urat merupakan penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja, baik itu mudah maupun lama. Senyawa daun sirsak bekerja untuk mengatasi asam urat apa saja yang sama untuk mengatasi sel kanker.


Mengobati Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol tidak ada salahnya mencoba manfaat rebusan daun sirsak untuk mengatasi penyakit tersebut. Seperti yang kita ketahui penyakit kolesterol timbul dari melimpahnya zat jahat yang terdapat pada lemak di dalam tubuh. Senyawa yang terkandung dalam rebusan daun sirsak dapat membantu mengikat lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang Anda konsumsi.


Obat Diabetes Alami

Senyawa dalam daun sirsak menurut penelitian juga terbukti sangat ampuh untuk menstabilkan jumlah kadar gula dalam darah. Jumlah kadar gula darah yang terlalu tinggi tentunya akan memicu munculnya berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan daun sirsak juga memiliki berbagai kandungan anti oksidan di dalamnya yang sangat ampuh untuk menstabilkan kadar gula darah sehingga risiko terkena diabetes dapat ditekan. Selain itu bagi penderita diabetes, apabila mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini secara rutin, maka secara perlahan tapi pasti penyakit diabetes dapat disembuhkan.

   Mengobati Penyakit Paru-Paru

Masih berhubungan dengan anti oksidan yang dimiliki oleh bahan alami tersebut, daun sirsak yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi dan mengatasi penyakit paru-paru, baik penyakit paru-paru basah maupun kering.


Mengobati Rematik

Dikenal juga sebagai bahan alami daun sirsak untuk mengatasi peradangan, yang juga mampu mengobati penyakit rematik. Untuk yang satu ini, Anda tidak perlu merebus daun sirsak melainkan hanya perlu dioleskan pada bagian yang terasa nyeri. Caranya, tumbuhkan daun sirsak dan haluskan hasil tumbukan pada tubuh. Lakukan cara tersebut selama 2 hari, pada pagi dan sore hari secara rutin hingga nyeri rematik yang Anda alami berkurang. (baca juga: kegunaan daun sirsak untuk tubuh dan kulit)


Mengatasi Keputihan

Keputihan memang menjadi salah satu kondisi wajar yang dialami wanita. Hanya saja, bila keputihan menimbulkan rasa gatal yang berlebihan, memiliki bau yang menyengat, hingga mengubah warna lendir menjadi hijau keruh, dapat dikatakan sebagai penyakit yang harus segera diobati.

Penyebab utama penyakit ini karena adanya infeksi bakteri yang menyerang area pribadi wanita. Sebagai warga negara Indonesia yang hidup di daerah tropis, bakteri penyebab keputihan juga akan lebih mudah berkembang sehingga wanita Indonesia rentan terserang keputihan.

Untuk itu anda bisa memanfaatkan manfaat rebusan daun sirsak dalam mengatasi penyakit ini. Agar hasil yang didapat lebih maksimal, tambahkan madu dan kunyit pada rebusan daun sirsak. Selain itu, tetap jaga kondisi kebersihan tubuh juga